Path: Top -> S1-Final Project -> Sistem Informasi -> 2019

ANALISIS DAN PENERAPAN ALGORITMA APRIORI TERHADAP PENEMPATAN BARANG PADA MADINA MART

ANALYSIS AND IMPLEMENTATION OF APRIORI ALGORITHM ON PLACEMENT OF GOODS AT MADINA MART

Undergraduate Theses from gdlhub / 2019-05-08 09:56:05
Oleh : Yovanka, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2019-05-08, dengan 7 file

Keyword : Data Mining, Asosiasi, Algoritma Apriori, Penempatan Barang

Madina Mart merupakan sebuah minimarket yang menjual cukup lengkap berbagai macam bahan makanan pokok/sembako dan makanan ringan dalam kemasan. Ada beberapa permasalahan yang terjadi sesuai dengan permasalahan minimarket pada umumnya, yaitu salah satunya permasalahan pada penempatan barang yang tidak sesuai dengan kebiasaan konsumen dalam membeli barang secara bersamaan dalam satu waktu, dan juga karena kurang teraturnya posisi barang pada rak mengakibatkan konsumen sulit menemukan barang yang dicarinya. Maka dari itu dengan menggunakan algoritma apriori ini seorang pemilik bisa mengatur atau merancang tata letak penempatan barang yang kemungkinan besar di beli oleh pembeli secara bersamaan. Penulis menggunakan data transaksi bulan April, Mei, Juni dan Juli 2018 sebanyak 1420 data yang kemudian disajikan ke dalam format arff. Dalam melakukan analisis penulis menggunakan alat bantu Tools WEKA dan RapidMiner. Metode yang digunakan adalah Asosiasi Algoritma Apriori dengan 25 attribut. Analisis tersebut menghasilkan 4 Rule dari produk Bumbu dan Mie 74 item dengan confidence 55%, Telur Ayam dan Mie 97 item dengan confidence 54%, Tepung dan Minyak Goreng 63 item dengan confidence 53%, serta Beras dan Mie 73 item dengan confidence 52%. Rule tersebut dihasilkan dari nilai support tertinggi sebesar 0,07 dan nilai confidence tertinggi sebesar 0,55

Deskripsi Alternatif :

Madina Mart is a minimarket that sells quite a complete range of staple foods and packaged snacks. There are several problems that occur in accordance with the minimarket problem in general, namely one of the problems in the placement of goods that are not in accordance with consumer habits in buying goods at one time, and also because of the lack of orderly position of the goods on the shelves. Therefore, by using this a priori algorithm, an owner can arrange or design the layout of items that are likely to be purchased by the buyer simultaneously. The author uses transaction data for April, May, June and July 2018 as many as 1420 data which are then presented in arff format. In analyzing the author using WEKA and RapidMiner Tools. The method used is the Association of Priori Algorithms with 25 attributes. The analysis produced 4 Rule from Seasoning and Noodles products 74 items with 55% confidence, Chicken and Noodle Eggs 97 items with 54% confidence, Flour and Cooking Oil 63 items with 53% confidence, and Rice and Noodles 73 items with 52% confidence. The rule is generated from the highest support value of 0.07 and the highest confidence value of 0.55.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Pareza Alam Jusia, S.Kom, M.Kom dan Agus Siswanto, M.Kom, Editor: sukadi

Download...