Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2018

Perancangan Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi Berbasis Android

DESIGN APPLICATION OF PUBLIC COMPLAINT SERVICE AT PUBLIC HOUSING OFFICE AND RESIDENCE AREA OF JAMBI CITY BASED ON ANDROID.

Undergraduate Theses from gdlhub / 2018-05-18 14:43:10
Oleh : Yayan Mardani, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2018-05-18, dengan 7 file

Keyword : Perancangan, Aplikasi, Android, Smart City

Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Jambi Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pembentukan Dinas-Dinas Daerah Kota Jambi (lembaran Daerah Kota Jambi Tahun 2008 Nomor 10). untuk layanan pengaduan terhadap pelanggaran penataan ruang perumahan dan kawasan pemukiman pada disperkim saat ini masih dilakukan dengan cara mendatangi langsung kantor dinas yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis sistem yang sedang berjalan dan merancang aplikasi layanan pengaduan berbasis android pada dinas perumahan rakyat dan kawasan pemukiman kota Jambi. Manfaatnya mempermudah masyarakat dalam bekerjasama pada pemerintah kota jambi dalam hal layanan pengaduan. Penulis menggunaan Flowchart untuk menggambarkan alur kerja aplikasi. Pemodelan sistem menggunakan UML meliputi Use Case Diagram, Class Diagram, dan Activity Diagram. Perancangan website menggunakan bahasa pemrograman PHP, Android SDK dan database MySQL. Metode pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Metode pengembangan sistem adalah model Waterfall. Penelitian ini menghasilkan aplikasi android untuk user dan website untuk admin pada disperkim sebagai layanan pengaduan. kedepannya perlu dilakukan uji coba terhadap hasil rancangan sehingga kekurangan dari program sistem pengaduan masyarakat ini dapat diketahui dan selanjutnya bisa dikembangkan agar lebih sempurna.

Deskripsi Alternatif :

Public housing office and residental area of jambi city was formed based on city regulation jambi number 10 year 2008 about the formation of regional offices of jambi city (sheet of Jambi City Region Year 2008 Number 10). for service complaints against violation of spatial arrangement of housing and residential area at Disperkim currently still done by going directly to the relevant office. The purpose of this study is to analyze the system that is running and design aplication service based on the android on the public housing office and residential area of jambi city. The benefits facilitate the community in working together in jambi city government in terms of service complaints. The Uthor uses a flow chart to describe the aplication workflow. Modeling systems using UML include Use Case Diagrams, Class Diagrams, and Activity Diagrams. Website design using PHP programming language, Android SDK and MySQL database. Methods of data collection is by making observations and interviews. System development method is Waterfall model. This research produces android applications for users and websites for admin on spatial service as a complaint service. the future needs to be tested against the design results so that the shortcomings of this community complaints system program can be known and can further be developed to be more perfect.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Kurniabudi, S.Kom, M.Kom dan Agus Siswanto, S.Kom, M.kom, Editor: Calvin

Download...