Path: Top -> S2-Theses -> Magister Sistem Informasi -> 2013

ANALISIS, PERANCANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEB (Studi Kasus : Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kab. Tanjung Jabung Timur)

ANALYSIS, DESIGN AND IMPLEMENTATION OF WEB-BASED INFORMATION SYSTEMS PUBLIC SERVICES (Case Study: Integrated Licensing Service Office (KPPT) Tanjung Jabung Timur Regency)

Master Theses from gdlhub / 2017-10-13 08:46:38
Oleh : SUROTO, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2014-05-24, dengan 7 file

Keyword : Pelayanan Publik, Sistem Informasi, Offline dan Online, HTML, PHP, Delphi, MySQL, Apache
Sumber pengambilan dokumen : CD

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikator rendahnya kualitas pelayanan publik di Indonesia dimana masih diwarnai oleh pelayanan yang sulit untuk diakses. Disisi lain semangat desentralisasi dan reformasi menuntut perubahan-perubahan peran dari pemerintah maupun masyarakat. Sebagai jawaban atas tuntutan perubahan tersebut, good governance perlu diterapkan dalam segala aspek pembangunan, termasuk di dalamnya perizinan yang merupakan instrumen penting bagi Pemerintah Daerah dan merupakan potensi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu sebagai lembaga yang bertugas memberikan pelayanan perizinan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur harus mampu memenuhi harapan masyarakat terhadap pelayanan yang cepat, murah, dan transparan. Hal ini berkaitan dengan belum adanya penyusunan perencanaan program berkesinambungan yang mempertimbangkan Sistem Komputerisasi yang terintegrasi dengan Sistem Informasi yang ada saat ini.
Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa unsur tanggung jawab petugas pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kemudahan memperoleh informasi, keadilan pemrosesan permohonan dan kecepatan pihak pengelola memproses keluhan atau pengaduan masyarakat sebagai prioritas utama yang diinginkan masyarakat untuk dipenuhi oleh organisasi publik.
Dengan penelitian Pengembangan yang penulis lakukan maka pihak KPPT Kabupaten Tanjung Jabung Timur, perlu menyusun program peningkatan pelayanan publik berkaitan dengan tanggung jawab petugas pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kemudahan memperoleh informasi, keadilan pemrosesan permohonan, kecepatan pihak pengelola memproses keluhan atau pengaduan masyarakat, pemenuhan sarana dan prasarana, komunikasi Informasi teknologi (software dan hardware), dan evaluasi pelayanan publik harus dapat dilakukan baik secara offline maupun online.
Pengembangan aplikasi Sistem Informasi KPPT melalui beberapa tahap, yaitu analisis, perancangan, implementasi dan pengujian. Tahap analisis menggunakan use case diagram, tahap perencanaan menggunakan class diagram dan Activity diagram. Implementasi Sistem Informasi Pelayanan publik berbasis offline dan online dikembangkan dengan bahasa html, php, dan delphi dan memanfaatkan perangkat lunak open source, yaitu basis data MySQL dan Web Server Apache.

Deskripsi Alternatif :

This study conducted due to the low quality indicator of public services in indonesia which are difficult to be accessed. On the other side, the spirit of decentralization and reformation demanding changes of the role of government and society. Therefore, good governance should be implemented in all development aspects such as licensing which is the most important equipment for Local Governance and it is potential to increase Regional Revenue. Integrated Licensing Service Office as an instituition which in charge of granting license in Tanjung Jabung Timur must be able to meet the public's expectations of quick, inexpensive and transparent services. It relates to the lack of sustainable program planning preparation considering computerized system integrated with current information system.
The results showed that the elements of responsibility of the service officers, certainty of service cost, ease of obtaining information, fairness in application processing and fast respond of the officer to handle problems and complaints as the main prioritty expected by the community to be fulfilled by the public organization.
By the development research done, thus the Integrated Licensing Service Office (KPPT) in Tanjung Jabung Timur Regency need to prepare public services improvement programs in accordance with the responsibility of the service officers, certainty of service cost, ease of obtaining information, fairness in application processing and fast respond of the officer to handle problems and complaints, infrastructure fulfillment, communication of information technology (software and hardware) and public services evaluation should be done either offline or online.
The development of information system at KPPT through several stages including analysis, design, implementation and testing. The analysis step using a use case diagram while design using class and activity diagram. The Implementation of offline and online based information system public services developed using programming language such as html, php, and delphi as well as utilizing open-source database software namely MySQL and Apache Web Server.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • DR. Ford Lumban Gaol dan Hetty Rahayani AH. ST, M.Kom, Editor: sustriani

Download...