Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2017
PERANCANGAN GAME EDUKASI BELAJAR MEMBACA PADA ANAK TK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS : TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI)
GAME DESIGN EDUCATION IN CHILDREN LEARN TO READ AS MEDIA TK-BASED LEARNING MULTIMEDIA (CASE STUDY: TK XAVERIUS 1 CITY JAMBI)
Undergraduate Theses from gdlhub / 2017-05-05 19:25:54Oleh : Sowaldi Ares Ferdy Hutabarat, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2017-05-05, dengan 7 file
Keyword : Permainan Edukasi, Membaca, Multimedia
Game pada era modernisasi ini telah merajai hampir pada pangsa pasar terutama pada anak-anak. Game edukasi merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi presepsi yang salah mengenai game pada umumnya. Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan banyaknya pilihan pada game edukasi. Mulai dari yang ada pada aplikasi komputer, laptop hingga mobile phone. Macamnya pun beragam, seperti puzzle, mencocokkan, menggabungkan, dan lain sebagainya. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengenalkan huruf dengan metode pembelajaran baru pada anak-anak di kelas Taman Kanak-Kanak dengan menggunakan komputer dan laptop. Para orang tua pun dituntut untuk tetap mengawasi game yang di mainkan pada anak-anak. Perancangan game edukasi ini digunakan untuk menambah pengetahuan anak-anak TK dengan belajar sambil bermain. Mengunjungi anak-anak di Taman Kanak-Kanak sambil mengenalkan game edukasi merupakan metode yang digunakan untuk mengenalkan huruf secara langsung. Penelitian ini meghasilkan aplikasi game edukasi yang di rancang dengan menggunakam metode waterfall dalam bahasa pemograman flash 6.0. pemodelan sistem dengan menggunakan UML ( Unified Modeling Language) Melippui : Use Case diagram, Actifity Diagram, Class Diagram, Flowchart.
Dengan adanya game edukasi mengenal huruf dengan bantuan gambar objek, benda, hewan, buah-buahan. diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak di TK Xaverius 1. Hal-hal yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan pada perancangan game edukasi ini akan dibahas dan diulas pada bagian akhir laporan ini.
Games in this era of modernization has been ruled almost in market share, especially in children. Educational game is one alternative to overcome the false perception about the game in general. The development of increasingly advanced technology to make many choices in educational games. Starting from existing computer applications, laptops to mobile phones. Were varied kinds, such as puzzles, match, merge, and so forth. This final project aims to introduce the letter with new teaching methods to children in kindergarten classes using computers and laptops. Parents are even also claimed to observe the game which is in playing at children. The design of this educational game is used to increase knowledge of kindergarten children to learn while playing. Visiting children in kindergarten while introducing educational game is the method used to introduce the letter directly.
With the educational game recognize the letters with the help of the object images, objects, animals, fruits. is expected to increase the knowledge of children in kindergarten xaverius 1. The things that have been done and what has not been done on this educational game design will be discussed and reviewed at the end of this report.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | gdlhub |
Organisasi | STIKOM Dinamika Bangsa Jambi |
Nama Kontak | Herti Yani, S.Kom |
Alamat | Jln. Jenderal Sudirman |
Kota | Jambi |
Daerah | Jambi |
Negara | Indonesia |
Telepon | 0741-35095 |
Fax | 0741-35093 |
E-mail Administrator | elibrarystikom@gmail.com |
E-mail CKO | elibrarystikom@gmail.com |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Hendri, S.Kom, M.S.I dan Fachruddin, S.Pt, M.S.I, Editor: Calvin
Download...
Download hanya untuk member.
BAB I
File : BAB I.pdf
(254799 bytes)
BAB II
File : BAB II.pdf
(536753 bytes)
BAB III
File : BAB III.pdf
(114297 bytes)
BAB IV
File : BAB IV.pdf
(404804 bytes)
BAB V
File : BAB V.pdf
(872381 bytes)
BAB VI
File : BAB VI.pdf
(128769 bytes)
DAFTAR PUSTAKA
File : DAFTAR PUSTAKA.pdf
(12466 bytes)