Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2011

PERANCANGAN PERANGKAT AJAR BAHASA INDONESIA PENGENALAN OBJEK DENGAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN UNTUK SISWA TUNARUNGU SLB JAMBI

DESIGN INDONESIAN LEANGUAGE TEACHING RECOGNITION OBJECT DEVICE WITH LEARN WHILE PLAYING METHOD TO HEARING IMPAIRMENT STUDENT SLB JAMBI

Undergraduate Theses from gdlhub / 2012-06-26 16:58:21
Oleh : Sesuci Yogbi Malagandi, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2012-06-26, dengan 7 file

Keyword : Aplikasi, Tunarungu, Perangkat Ajar, Pengenalan Objek. (xiii + 69 + Lampiran)

Dunia pendidikan memegang peranan penting dan sangat diperlukan untuk menghadapi era teknologi yang berkembang pesat seperti ini. Pendidikan perlu disiapkan sejak dini, sebagai bekal untuk menghadapi dan mengikuti perubahan serta perkembangan teknologi yang semakin canggih. Jika dilihat dari tahapan belajarnya, secara umum aktifitas belajar yang dilakukan seorang siswa tunarungu SLB Jambi dalam mempelajari pengenalan objek, huruf dan angka adalah dengan membaca buku pelajaran, memperhatikan guru mengajar dikelas, atau dengan bantuan gambar-gambar atau poster bergambar objek, huruf dan angka yang disediakan dari pihak sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa, merancang dan mempelajari sistem yang sedang berjalan saat ini khususnya pada sistem pembelajaran pengenalan objek. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Maka dari penelitian ini, penulis mencoba merancang dan menerapkan suatu sistem baru berupa aplikasi perangkat ajar berbasis multimedia yang nantinya bisa dijadikan media alternatif dalam proses belajar mengajar di SLB Jambi dan membantu pihak tenaga pengajar di SLB Jambi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini masih terdapat kekurangan, untuk itu kepada peneliti lain agar dapat melanjutkan dan menyempurnakan hasil penelitian ini bila perlu dikembangkan kearah yang lebih baik di masa yang akan datang.

Deskripsi Alternatif :

The world of education plays an important role and is very necessary to deal with the era of rapidly evolving technology like this. Education needs to be prepared early on, as a provision to deal with and follow the changes and the development of increasingly sophisticated technology. When viewed from the stage of learning, in general, the learning activities carried out a deaf student in studying SLB Jambi recognition of objects, letters and numbers is to read textbooks, teaching teachers pay attention in class, or with the aid of pictures or objects illustrated posters, letters and numbers provided from the school. The purpose of this study is to analyze and study the system is running at this time especially on object recognition learning system. The method used in this study is library research and field research. So from this study, the authors try to design and implement a new system of application of multimedia-based teaching tool which can later be used as alternative media in teaching and learning in special schools Jambi and assist the teachers in special schools in teaching and learning Jambi. This research is still there is a lack, for it to other researchers in order to continue and refine the results of this research if necessary to develop a better direction in the future.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Nurhadi, S.Kom, M.Cs dan Ibnu Sani Wijaya, S.Kom , Editor: sustriani

Download...