Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2019
PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN TANAMAN UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS AUGMENTED REALITY
Designing Interactive Learning Media Application for Plant Introduction for Children Based on Augmented Reality
Undergraduate Theses from gdlhub / 2019-05-08 14:53:59Oleh : Rinaldi Panca Anugrah Sinambela, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2019-05-08, dengan 7 file
Keyword : Perancangan Aplikasi, Media Pembelajaran Interaktif, Pengenalan Tanaman, Augmented Reality
Augmented Reality (AR) adalah suatu teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi dan ataupun 3 dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata, tidak seperti realitas yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, pada RA Almira pelajaran tentang mengenali tanaman masih bersifat tradisionalis, manual, dan metode pelajaran yang masih belum variatif sehingga anak-anak memiliki keinginan rendah untuk mempelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan tanaman berbasis augmented reality pada anak anak dan menerapkan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan tanaman di TK Raudhatul Athfal Almira. Penelitian ini mendesain aplikasi, identifikasi masalah untuk mengetahui masalah yang terjadi, studi literatur agar memiliki landasan keilmuan yang baik dan sesuai, pengumpulan data dengan cara melakukan dokumentasi dan kuisoner, selanjutnya penerapan aplikasi. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi augmented reality pengenalan tanaman berbasis android pada RA Almira Kota Jambi. Aplikasi pengenalan tanaman ini membantu pada proses belajar murid untuk mengenali nama dan warna pada tanaman. Aplikasi ini menjadi alat bantu dalam menyampaikan materi tentang tanaman kepada murid. Perancangan media pembelajaran berupa aplikasi pengenalan tanaman ini membantu memudahkan murid untuk mengenal tanaman dengan media yang lebih interaktif dan menarik.
Deskripsi Alternatif :Augmented Reality (AR) is a technology that combines 2-dimensional and / or 3-dimensional virtual objects into a real environment and then projects these virtual objects in real time, unlike reality that completely replaces reality, in RA Almira the lesson on recognizing plants is still traditionalist, manual, and learning methods that are still not varied so children have low interest in learning it. The purpose of this study is to produce an interactive learning media application for the introduction of augmented reality plants in children and to apply augmented reality as a medium for learning plant recognition in TK Raudhatul Athfal Almira. This study designed the application, identified the problem to find out the problem, the study of literature in order to have a good and appropriate scientific foundation, collecting data by doing documentation and questionnaires, then applying the application. The research that has been done produces an augmented reality application for the introduction of android-based plants at RA Almira, Jambi City. This plant recognition application helps in the learning process of students to recognize names and colors in plants. This application becomes a tool to deliver material about plants to students. The design of learning media in the form of this plant recognition application helps make it easier for students to get to know plants with more interactive and interesting media.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | gdlhub |
Organisasi | STIKOM Dinamika Bangsa Jambi |
Nama Kontak | Herti Yani, S.Kom |
Alamat | Jln. Jenderal Sudirman |
Kota | Jambi |
Daerah | Jambi |
Negara | Indonesia |
Telepon | 0741-35095 |
Fax | 0741-35093 |
E-mail Administrator | elibrarystikom@gmail.com |
E-mail CKO | elibrarystikom@gmail.com |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Hendri, S.Kom, M.S.I dan Dr. Drs. Effiyaldi, MM, Editor: Calvin
Download...
Download hanya untuk member.
Bab 1
File : Bab 1.pdf
(217453 bytes)
Bab 2
File : Bab 2.pdf
(781082 bytes)
Bab 3
File : Bab 3.pdf
(256085 bytes)
Bab 4
File : Bab 4.pdf
(904351 bytes)
Bab 5
File : Bab 5.pdf
(752253 bytes)
Bab 6
File : Bab 6.pdf
(89204 bytes)
Daftar Pustaka
File : Daftar Pustaka.pdf
(198336 bytes)