Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2012

VISUALISASI CERITA RAKYAT ASAL-USUL DANAU TOBA UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS PADA SD XAVERIUS 2 JAMBI)

VISUALISATION OF THE ORIGINS FOLKLORE OF TOBA LAKE FOR CHILDREN BASED MULTIMEDIA (CASE STUDY ON XAVERIUS 2 JAMBI ELEMENTARY SCHOOL)

Undergraduate Theses from gdlhub / 2012-06-20 19:41:14
Oleh : Nani Meiryani, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2012-06-20, dengan 7 file

Keyword : Visualisasi, Cerita Rakyat, Multimedia

Saat ini visualisasi untuk cerita rakyat masih sangat minim ditemukan. Kebanyakan cerita rakyat lebih sering dijumpai dalam media berupa buku-buku cerita. Seperti yang dijumpai pada proses pembelajaran cerita rakyat yang dilakukan oleh tenaga pengajar pada SD Xaverius 2 Jambi, yakni masih menggunakan buku-buku cerita rakyat sebagai media penyampaian materi pembelajaran bagi para siswa sehingga siswa tidak tertarik mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan merancang suatu aplikasi visualisasi cerita rakyat berbasis multimedia yang menarik untuk dipelajari oleh siswa SD. Penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat lunak model sekuensial linier yang sering disebut dengan model air terjun (Waterfall) dengan tahapan Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, Implementasi dan Pengujian Unit, Pengujian Sistem, dan Maintenance/Perawatan. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi visualisasi cerita rakyat Asal-Usul Danau Toba berbasis multimedia yang menarik untuk dipelajari oleh siswa SD.

Deskripsi Alternatif :

Current visualization to folklore found still very minimal. Most folklore is more often found in the media of story books. As found in the folklore learning process by teacher at Xaverius 2 Jambi Elementary School, which is still using the folklore books as a media for the delivery of learning materials for students so that students are not interested in following the learning process. The research was conducted with the aim of designing a visualization application of folklore based multimedia which is interesting to learn for the elementary students. This study uses a sequential linear software development model that is often called the waterfall model with the stage of Needs Analysis, System Design, Implementation and Unit Testing, System Testing, and Maintenance. The study produced a visualization application Origins folklore of Toba Lake-based multimedia attractive to be studied by elementary students.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Nurhadi, S.Kom, M.Cs dan Fachruddin, S.Pt, M.S.I, Editor: fachruddin

Download...