Path: Top -> Journal -> Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi -> 2014 -> Vol 3, No 3 (2014)

Perancangan Kontrol Fuzzy Adaptif Pada Sistem Kontrol Kecepatan Stasioner Mesin Bensin

Perancangan Kontrol Fuzzy Adaptif Pada Sistem Kontrol Kecepatan Stasioner Mesin Bensin

Journal from gdlhub / 2016-10-31 02:31:45
Oleh : Muhammad Fajri Nur Reimansyah, Aris Triwiyatno, Budi Setiyono, JNTETI
Dibuat : 2014-08-01, dengan 1 file

Keyword : Mesin bensin, kecepatan stasioner, fuzzy adaptif
Url : http://ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/view/91

Kontrol kecepatan stasioner sudah sejak lama menjadi permasalahan yang banyak dibahas dalam kontrol otomotif. Pada kontrol kecepatan stasioner, permasalahan utama yang dibahas adalah menjaga kecepatan mesin agar tetap pada set-point dihadapkan dengan gangguan torsi eksternal yang dapat terjadi karena penggunaan AC (air conditioner), penyalaan unit elektronik, atau torsi yang dihasilkan oleh penggunaan power steering. Pengendalian kecepatan stasioner yang baik tidak hanya dapat mengurangi pemakaian bahan bakar dan emisi tetapi juga dapat meningkatkan kestabilan proses pembakaran. Penelitian dilakukan dengan mensimulasikan kinerja mesin bensin terhadap perubahan throttle dan torsi eksternal dengan perangkat lunak komputasi. Pengendalian kecepatan stasioner terhadap perubahan torsi eksternal dilakukan menggunakan kontrol fuzzy dengan parameter yang bersifat adaptif. Pengujian sistem dilakukan dengan memberikan perubahan torsi eksternal menggunakan sinyal anak tangga yang bervariasi dan sinyal random. Hasil pengujian menunjukkan pengendalian menggunakan kontrol fuzzy adaptif mampu menjaga kecepatan stasioner tetap pada referensi sebesar 954,9 rpm. Pengujian sistem dengan kontrol fuzzy adaptif menghasilkan nilai IAE yang lebih kecil (59,19) daripada sistem dengan kontrol fuzzy saja (62,41).

Deskripsi Alternatif :

Idle speed control has been a classical problem in automotive control. The problem of idle speed control is to maintain the engine speed at a predetermined value (set-point) in the presence of various external torque such as air conditioner or power steering usage. Good idle speed control not only can reduce fuel consumption and emissions but also improve combustion stability. This study was conducted by simulating gasoline engine performance with various changes in external torque parameter using computational software. Control of idle speed with various changes in external torque was done using fuzzy control with adaptive mechanism on its parameters. System testing was done by providing an external torque changes using various step signals and random signal. The test results show that controlling system with adaptive fuzzy is able to keep idle speed at a predetermined value. Testing the system with adaptive fuzzy control produces smaller IAE value (59.19) than the fuzzy control without adaptation process (62.41).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiJNTETI
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: sukadi

Download...

  • Download hanya untuk member.

    91-69-1-PB
    Download Image
    File : 91-69-1-PB.pdf

    (409955 bytes)