Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2016

PERANCANGAN GAME EDUKASI ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS SMAN 4 JAMBI

GAME DESIGN OF NATURAL SCIENCE EDUCATION AND SCIENCE-BASED SOCIAL ANDROID (CASE STUDY SMAN 4 JAMBI

Undergraduate Theses from gdlhub / 2017-01-11 09:27:30
Oleh : Maryandi, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2017-01-11, dengan 7 file

Keyword : Game Design education, Natural Sciences and Social Sciences, Android.
Sumber pengambilan dokumen : CD

Penelitian ini membahas perancangan game edukasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis android (studi kasus SMAN 4 Jambi). Berdasarkan hasil identifikasi masalah yang ada pada SMAN 4 jambi, siswanya masih mengalami kesulitan saat menerima pelajaran disekolah. Hal ini disebabkan minimnya waktu saat guru menjelaskan materi pelajaran dan tanya jawab antara guru dengan siswanya disekolah. Untuk penelitian dan pengembangan dalam perancangan game edukasi ini dilakukan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, perancangan sistem, desain dan pengembangan sistem. Dari keempat tahapan ini salah satunya adalah proses desain yang dapat dilakukan dengan cara menganalisis konsep materi soal yang akan ditampilkan, dengan membuat class diagram. Dan untuk pengembangan sistemnya menggunakan sistem waterfall (air terjun). Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menunjang daya ingat siswa dalam proses belajar sekaligus membantu siswa dalam mendapatkan materi tambahan dari game edukasi yang dimainkannya. Game edukasi ini berupa game kuis yang dapat dimainkan oleh siswa mulai dari kelas X, XI, dan XII dengan single player. Soal dan levelnya juga dapat ditambah dan dihapus sesuai keinginan admin/guru disekolah SMAN 4 Jambi. Game edukasi ini dapat dimainkan di smartphone android dengan versi minimum 2.3 yaitu Android Gingerbread dan maksimum smartphone android 5.0 yaitu Android Lollipop.

Deskripsi Alternatif :

This study discusses the design of educational games Natural Sciences and Social Sciences based on android (4 Jambi SMAN case study). Based on the results of the identification of the existing problems in SMAN 4 Jambi, students are still having trouble receiving a lesson in school. This is due to the lack of time when the teacher explains the subject matter and a question and answer between teachers and students in school. For research and development in the design of educational game is conducted by four stages, namely planning, system design, system design and development. Of the four stages of this one is the design process can be done by analyzing the concept of the material about to be shown, by creating a class diagram. And for development system to use the system waterfall (waterfall). The objectives to be achieved in this research is to support the memory of students in the learning process and help students in getting additional material from educational games he played. This educational game in the form of a quiz game that can be played by students from class X, XI, and XII with a single player. Problems and their levels can also be added and deleted as desired admin / teacher school SMAN 4 Jambi. This educational game can be played on Android smartphones with version 2.3 of the Android Gingerbread minimum and maximum android smartphone is Android 5.0 Lollipop.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Erick Fernando, S. KOM, M. S. I DAN M. RizaPahlevi B, S. Kom, M. Kom, Editor: sukadi

Download...