Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2017
PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID
ANDROID APPLICATIONS BASED AUGMENTED REALITY TO ESTABLISH AN EARLY CHILDHOOD TO RECOGNIZE AND SEARCHING INFORMATION AN ANIMALS NAME IN ENGLISH
Undergraduate Theses from gdlhub / 2017-10-06 08:54:39Oleh : Mahardhika Heraditama, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2017-10-06, dengan 7 file
Keyword : Perancangan, Aplikasi, Augmented Reality, Android, Marker
Sumber pengambilan dokumen : CD
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa pengaruh besar terhadap hampir semua bidang kehidupan termasuk dunia pendidikan anak usia dini (AUD). Kemajuan TIK diharapkan membawa dampak yang positif bagi pendidikan AUD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi android berbasis augmented reality untuk mempermudah AUD dalam mengenali dan mencari informasi nama hewan dalam Bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah model spiral. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pengenalan hewan dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan teknologi augmented reality berbasis Android yang dapat membantu AUD untuk belajar berbahasa Inggris. Aplikasi ini juga membantu mengenalkan bermacam-macam jenis hewan. Berdasarkan hasil uji aplikasi diketahui bahwa, 1) image yang digunakan sebagai marker harus memiliki kualitas yang baik, sehingga menambah tingkat keakuratan pendeteksian marker, 2) image yang digunakan sebagai marker berformat .jpg atau .png, 3) jarak antara marker dengan kamera mempengaruhi cepat atau lambatnya proses pendeteksian marker, jarak kamera yang terlalu jauh dengan marker dapat menyebabkan kegagalan dalam proses pendeteksian marker, 4) sudut kemiringan antara kamera dengan marker yang terlalu besar membuat kamera sulit mendeteksi pola pada marker. Berdasarkan hasil pengembangan disampaikan saran, 1) pengembangan selanjutnya diharapkan dapat menggunakan library augmented reality yang lain, 2) menggunakan objek 3D hewan yang lebih dinamis dan dapat bergerak, dan 3) menggunakan teknologi markerless augmented reality yang memanfaatkan sensor GPS atau pengenalan objek, sehingga aplikasi menjadi lebih praktis karena tidak lagi menggunakan media kertas sebagai marker.
Deskripsi Alternatif :The advances of information and communication technology (ICT) era, has brought great influence to almost all areas of life, including of the early childhood education (AUD). The Advances of ICTs be expected to brings positive impact on AUD education. This is a development research, which aims to develop android applications based on augmented reality to facilitate the AUD in recognizing and searching animal name information in English. This research using spiral model. This research produced an animal introduction application in English using Android-based augmented reality technology that can help AUD to learn English. This application also helps introduce various types of animals. Based on the application test, the results of this research are; 1) the image used as a marker must have a good quality, thereby increasing the accuracy of marker detection, 2) image format for marker using .jpg or .png, 3) the distance between the marker and the camera affects marker detection speed, the distance that is too far away cause failure in the marker detection process; 4) if the angle of inclination between the camera and the marker too big the camera difficult to detect the pattern on the marker. Based on the results of this research the submitted suggestions are, 1) further development expected to use other augmented reality libraries, 2) 3D animal objects displayed more dynamic and mobile, and 3) using markerless augmented reality technology that utilizes GPS sensors or object recognition, so the application no longer uses paper media as a marker.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | gdlhub |
Organisasi | STIKOM Dinamika Bangsa Jambi |
Nama Kontak | Herti Yani, S.Kom |
Alamat | Jln. Jenderal Sudirman |
Kota | Jambi |
Daerah | Jambi |
Negara | Indonesia |
Telepon | 0741-35095 |
Fax | 0741-35093 |
E-mail Administrator | elibrarystikom@gmail.com |
E-mail CKO | elibrarystikom@gmail.com |
Print ...
Kontributor...
- Kurniabudi, S.Kom, M.Kom dan Marrylinteri Istoningtyas, ST, M.Kom, Editor: sukadi
Download...
Download hanya untuk member.
BAB I
File : BAB I.pdf
(109431 bytes)
BAB II
File : BAB II.pdf
(247896 bytes)
BAB III
File : BAB III.pdf
(162634 bytes)
BAB IV
File : BAB IV.pdf
(362503 bytes)
BAB V
File : BAB V.pdf
(381362 bytes)
BAB VI
File : BAB VI.pdf
(87478 bytes)
DAFTAR PUSTAKA
File : DAFTAR PUSTAKA.pdf
(12007 bytes)