Path: Top -> S1-Final Project -> Sistem Informasi -> 2019
ANALISISI KUALITAS LAYANAN WEBSITE PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA JENJANG SMA NEGERI DI KOTA JAMBI Dengan MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL dan IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS
ANALISISI KUALITAS LAYANAN WEBSITE PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA JENJANG SMA NEGERI DI KOTA JAMBI Dengan MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL dan IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS
Undergraduate Theses from gdlhub / 2019-05-10 09:42:19Oleh : Jenny Friska, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2019-05-10, dengan 7 file
Keyword : Kualitas Layanan Website, Webqual, Importance Performance Analysis (IPA)
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jambi pada tahun ajaran 2018-2019 merupakan penyelenggaran PPDB secara online yaitu melalui website SIAP PPDB dengan link https://jambi.siap-ppdb.com. Dimana sistem ini dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PSB), mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime). Tetapi dengan adanya pendaftaran sekolah secara online masih banyak siswa dan orang tua mengalami kesulitan dalam penggunaan website tersebut dikarenakan tidak mengerti dan merasa sulit dengan pelaksanaan PPDB, dan pada sistem website yang dirancang tidak mudah dipelajari/ digunakan pada orang awam sehingga pengguna dalam mengakses website tidak efektif dan efesien dan pada fitur - fitur yang ada pada website kurang membantu dalam penyampaian informasi mengenai tata cara penggunaan website sehingga tingkat kualitas website tersebut tidak user friendliy. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dan menentukan kualitas website. Metode pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara dan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA), pada metode webqual untuk meningkatkan kualitas website terdapat indikator di dalamnya yaitu usability, information quality, service interaction quality, dan user satiisfaction, dan pada metode IPA untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dilakukan 2 cara yaitu dengan mencari tingkat kesesuaian dan diagram kartesius. Dari hasil penelitian didapat faktor yang mempengaruhi kualitas website yaitu service interaction quality, dan nilai gap bersifat negatif karena nilai skor harapan lebih besar dari nilai skor kinerja. Nilai tingkat kesesuaian tertinggi sebesar 99,73% pada aspek kegunaan (usability) dan kualitas informasi (information quality).
Deskripsi Alternatif :The Ministry of Education and Culture of Jambi City in the 2018-2019 school year was the online organizing of PPDB through the SIAP PPDB website with a link https://jambi.siap-ppdb.com. Where this system is designed to automate the selection of new admissions (PSB), starting from the registration process, the selection process to the announcement of the results of the selection, which is conducted online and based on real time. But with the existence of online school registration there are still many students and parents having difficulties in using the website because they do not understand and find it difficult to implement PPDB, and the website system designed is not easy to learn / use for ordinary people so that users in ineffective access and efficient and the features on the website are less helpful in delivering information about the procedures for using the website so that the level of quality of the website is not user friendly. The purpose of this study is to measure the level of user satisfaction and determine the quality of the website. The method of data collection is by conducting interviews and distributing questionnaires. This research uses the method of Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis (IPA), in the webqual method to improve the quality of the website there are indicators in it namely usability, information quality, service interaction quality, and user satiisfaction, and in the IPA method to measure user satisfaction level 2 the way is by finding the level of suitability and the Cartesian diagram. From the results of the study obtained factors that affect the quality of the website, namely service interaction quality, and the gap value is negative because the value of the expected score is greater than the value of the performance score. The highest value of conformity level is 99,73% in the aspect of usability and information quality (information quality).
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | gdlhub |
Organisasi | STIKOM Dinamika Bangsa Jambi |
Nama Kontak | Herti Yani, S.Kom |
Alamat | Jln. Jenderal Sudirman |
Kota | Jambi |
Daerah | Jambi |
Negara | Indonesia |
Telepon | 0741-35095 |
Fax | 0741-35093 |
E-mail Administrator | elibrarystikom@gmail.com |
E-mail CKO | elibrarystikom@gmail.com |
Print ...
Kontributor...
- Setiawan Assegaff, ST, MMSI, PhD dan Eni Rohaini, S.Kom, M.Kom, Editor: sukadi
Download...
Download hanya untuk member.
BAB I
File : BAB I.pdf
(182614 bytes)
BAB II
File : BAB II.pdf
(213364 bytes)
BAB III
File : BAB III.pdf
(1122633 bytes)
BAB IV
File : BAB IV.pdf
(677345 bytes)
BAB V
File : BAB V.pdf
(296115 bytes)
BAB VI
File : BAB VI.pdf
(129499 bytes)
DAFTAR PUSTAKA
File : DAFTAR PUSTAKA.pdf
(177588 bytes)