Path: Top -> Journal -> Kursor -> 2015 -> Vol. 8 No. 2

A NEW APPROACH OF LEARNERS' ASSESSMENT USING BLOOM'S TAXONOMY-BASED SERIOUS GAME

Journal from gdlhub / 2017-08-16 10:55:32
Oleh : I.N Sukajaya, S.M Susiki Nugroho, I.K.E Purnama, M. Hery Purnomo, Kursor
Dibuat : 2015-12-14, dengan 1 file

Keyword : Penilaian Pembelajaran, Taksonomi Bloom, Permainan Serious
Url : http://kursor.trunojoyo.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/vol8_no2_p01_full.pdf
Sumber pengambilan dokumen : Web

Naskah ini mendeskripsikan skenario, spesifikasi agen, peta pengetahuan, implementasi serious game berbasis taksonomi Bloom (BoTySeGa), serta tanggapan pengguna terhadap game yang dibangun. Pembangunan BoTySeGa bertujuan menyediakan alternatif alat penilaian yang dibutuhkan dalam penilaian pembelajaran di SD. Pembangunanmempertimbangkan aspek: pengetahuan permainan, materi bangun datar jajaran genjang siswa SD kelas 5, dan domain kognitif menurut Bloom. Level tantangan disusun mengikutiaspek domain kognitif Bloom yang diaplikasikan di jenjang SD (pengetahuan, pemahamandan aplikasi). Game yang dihasilkan diuji melalui uji penerimaan pengguna (UAT) untuk meyakini semua fungsi dan fitur berfungsi dengan benar. Uji juga mencakup tanggapan pengguna yang dilakukan menggunakan kuesioner skala Likert dengan lima pilihan dan lima belas item pertanyaan. Uji dengan melibatkan 85 pengguna diperoleh hasil bahwa BoTySeGa memenuhi spesifikasi kebutuhan penilaian pembelajaran. Dengan rentangan skor tanggapan 5 – 75; rata-rata skor tanggapan dari pengguna sebesar 59,93 dan berada dalam kategori tanggapan "Positif".

Deskripsi Alternatif :

This paper describes: a scenario, agent specification, mapping of knowledge domain, an implementation of Bloom's taxonomy-based serious game (BoTySeGa), and players' response against the game. The development of BoTySeGa is pursued to the availability of an alternative assessment tool for learning in elementary school. It considers aspects: game knowledge, subject matter of parallelogram for 5th grade elementary school learners, and cognitive domain of Bloom's taxonomy. BoTySeGa's level of challenge is structured accommodates cognitive domain of Bloom for elementary school learners (knowledge, comprehension, application). To make sure that all functions and features work well; we conducted user acceptance test against the game prototype. We also took players' response to BoTySeGa utilizing five-points Likert-type of questionnaire. The questions are distributed in 15 items. User acceptance testing involving 85 learners of 5th grade elementary school shows that BoTySeGa has fulfilled the learning assessment requirement. With the response score ranged from 5 to 75; it is found that the average score of players' response to the implementation of BoTySeGa in learning is 59.93. This response value falls within "Positive" category.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiKursor
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: sustriani

Download...