Path: Top -> Journal -> Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi -> 2015 -> Vol 4, No 1 (2015)

Kontrol Gerakan Objek 3D Augmented Reality Berbasis Titik Fitur Wajah dengan POSIT

Kontrol Gerakan Objek 3D Augmented Reality Berbasis Titik Fitur Wajah dengan POSIT

Journal from gdlhub / 2016-11-19 06:50:50
Oleh : Heri Pratikno, JNTETI
Dibuat : 2015-02-01, dengan 1 file

Keyword : Augmented Reality, Titik Fitur Wajah, POSIT, Objek 3D
Url : http://ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/view/133

ugmented Reality (AR) adalah sebuah teknik dalam bidang ilmu komputer yang mengkombinasikan antara kondisi dunia nyata dengan data hasil komputasi dari sebuah komputer dalam bentuk grafis 2D maupun 3D. Pada penelitian ini, dibahas sebuah metode dan implementasi aplikasi di lingkungan Augmented Reality secara markerless. Pada metode markerless proses interaksi antara manusia dan komputer lebih alami dan intuitif dibandingkan dengan metode berbasis marker. Metode markerless yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan titik-titik fitur wajah supaya hasilnya lebih robust karena objek kepala tidak menghasilkan cahaya sehingga mengandalkan titik-titik fitur wajah. Permasalahan utama pada bidang penelitian ini adalah bagaimana proses pengontrolan pergerakan objek 3D tersebut tidak mengalami anomali seperti rel kereta api, semakin jauh mata memandang seakan-akan jarak antara kedua rel kereta api semakin menyempit. Penelitian ini menggunakan metode POSIT (Pose from Ortography and Scale with ITeration), posisi dan orientasi objek 3D diproyeksikan secara ortografi dari titik-titik fitur wajah dengan pen-skalaan, sehingga perubahan jarak antara wajah dan webcam berbanding lurus dengan perubahan besar dan kecilnya objek 3D. Langkah berikutnya dilakukan proses iterasi empat sampai lima kali untuk mencari faktor kesalahan terkecil sehingga didapatkan pose terbaik.

Deskripsi Alternatif :

Augmented Reality (AR) is a technique in computer science that combines real world conditions with the computer computation results in the form of 2D or 3D graphics. In this study, a method and application implementation in Augmented Reality environment with markerless was discussed. In the markerless technique, interaction process between humans and computers becomes more natural and intuitive than the marker based techniques. Markerless techniques applied in this study used facial feature points so that the result is more robust for the head object does not produce light. The main problem in this area of research is how the process of controlling the 3D object movement does not experience anomalies such as railroad phenomenon, where the the eyes catch as if the distance between the two railroads narrower at the farther view. This study used POSIT (Pose from Orthography and Scale with ITeration), where the position and orientation of the 3D objects were projected in orthographic from facial feature points with scaling, so the change in the distance between the face and the webcam were proportional to the big - small changes of 3D objects. The next step was iteration process carried out four to five times to look for the smallest error factor to obtain the best pose.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiJNTETI
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: sukadi

Download...

  • Download hanya untuk member.

    133-171-1-SM
    Download Image
    File : 133-171-1-SM.pdf

    (824326 bytes)