Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2018

SISTEM PAKAR ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) PADA ANAK DENGAN METODE DECISION TREE (STUDI KASUS : SD XAVERIUS 1 JAMBI)

ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) EXPERT SYSTEM IN CHILDREN WITH DECISION TREE METHOD (Case Study : SD XAVERIUS 1 JAMBI)

Undergraduate Theses from gdlhub / 2018-09-28 11:58:54
Oleh : Helena Suryani, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2018-09-28, dengan 7 file

Keyword : Sistem Pakar, Metode Decision Tree, ADHD, Deteksi Dini
Sumber pengambilan dokumen : CD

ADHD merupakan singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder, atau dalam Bahasa Indonesia berarti gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktif. Anak dengan gangguan ADHD tidak bisa diam dalam waktu lama dan mudah teralihkan perhatiannya terhadap apa saja yang ada di sekitarnya. Dengan kata lain, mereka tidak dapat fokus atau berkonsentrasi, atau menyimak komunikasi yang sedang berjalan. Gangguan ADHD ini tentunya menghambat proses belajar mengajar, sehingga guru sulit untuk mencapai tujuan pengajaran yang direncanakan. Demikian pada anak, mereka juga akan kesulitan mencapai sasaran pendidikan yang ditempuh. Untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang relavan, kita perlu mendeteksi dini dan memahami ciri – ciri ADHD, agar dapat memaksimalkan potensi diri serta mendorong perkembangan pengetahuan dan kepribadian sang anak. Namun, tidak semua anak mengalami jenis gangguan yang sama, sehingga membutuhkan bentuk pendekatan yang berbeda – beda. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah sistem pakar untuk mendeteksi dini gangguan ADHD pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah decision tree. Dengan pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara, dan kuisioner, sistem pakar dapat memudahkan orang tua / wali dalam mendeteksi dini gejala gangguan ADHD pada anak berusia 7 -12 tahun (yang bersekolah di bangku SD) serta memberikan solusi – solusi terhadap masalah terkait.

Deskripsi Alternatif :

ADHD is stands for Attention Deficit Hyperactivity Disorder, or in Indonesian language means attention disorder with hyperactivity. Children with ADHD disorders can not be silent for a long time and are easily distracted from whatever around them. In other words, they can not focus or concentrate, or listen to ongoing communication. This ADHD disorder certainly hinders the process of teaching and learning, so teachers are difficult to achieve the planned teaching objectives. Similarly, in children, they will also be difficult to achieve the target of education pursued. To be able to provide a relational education service, we need to detect early and understand the characteristics of ADHD, in order to maximize self potential and encourage the development of knowledge and personality of the child. However, not all children experience the same type of disorder, thus requiring different forms of approach. Therefore, an expert system is needed to detect early ADHD disorders in children. The method used in this research is decision tree. With data collection in observations, interviews, and questionnaires, expert systems can facilitate parents / guardians in early detection of ADHD disorder symptoms in children who aged 7 -12 years (elementary school) and provide solutions to related problems.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Lola Yorita Astri, S.T, M.S.I dan M. Irwan Bustami, M.Kom , Editor: sukadi

Download...