Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2017
Perancangan Game Edukasi Matematika Dasar Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar (Studi Kasus : SD.Unggul Sakti)
A Design of Educational Basic Mathematical Game as The Aid to Learning Activities (A Case Study of Unggul Sakti Elementary School)
Undergraduate Theses from gdlhub / 2017-10-11 11:18:14Oleh : Gunawan Trihatmojo, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2017-05-03, dengan 7 file
Keyword : Design, Game, Education, Educational Game, Mathematics
Sumber pengambilan dokumen : CD
Perkembangan game di dunia semakin pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Game saat ini sudah menjadi alternatif hiburan bagi tua, dan muda,. Game adalah Permainan yang terstruktur, yang biasanya game ini dibuat untuk menghilangkan stress atau juga bisa dibuat untuk Pendidikan agar orang yang ingin belajar tidak merasakan rasa bosan pada sesuatu yang ingin dia pelajari. Tapi nyatanya permainan digital sekarang jarang memiliki unsur-unsur edukasi yang dapat merusak pola pikir anak dan menyebabkan anak menjadi malas belajar. Kecenderungan ini membuat para orangtua menjadi jengkel dan memaksa anaknya untuk belajar. Dalam hal ini, penulis menganalisa permasalahan yang ada disertai hasil observasi secara langsung, sehingga penulis berhasil menghasilkan sebuah rancangan game edukasi matematika yang menampilkan karakter-karakter, yang saling bertarung jika pengguna dapat menjawab soal maupun salah menjawab soal yang tersedia dengan batas waktu tertentu, game ini juga menggunakan suara agar terdengar lebih menarik dan tampilan berbeda di setiap stage. Game ini dirancang sebagai media pendukung anak dalam bermain sambil belajar berhitung yang bersifat lebih menyenangkan bagi anak-anak. Dalam penelitian ini, metode pengembangan software yang digunakan adalah metode waterfall. Berdasarkan hasil pengujian, game edukasi matematika yang dirancang dapat berjalan dengan baik serta dapat memberikan giat belajar anak dalam belajar sambil bermain
Deskripsi Alternatif :The worlds development of game is growing rapidly, including Indonesia. Nowdays, game has become an alternative entertainment for the olds and youngs. Game is a structured fun media, of which is often made for stress reliever or even for education, in order to provide fun learning experience for the users. However, the digital games today in fact rarely possess the elements of educational knowledge, which impacts to the childrens mindset and also be the cuase of their laziness to actually study formally. This trend creates insecurities for coreresponding parents, thus forcing their children to study instead of playing games. In this case, the author analyzed the existing problems along with the results of direct observation, and managed to produced design of an educational mathematical game have a characters who fight each other and scores when the player can answer the questions within provided time, or lose when wrong answers are submitted; with exciting music and guiding narrative. This game was designed as an aiding medium that children can play and learn mathematics at the same time. In this research, the software development method used was waterfall method. Based on the test results, the designed educational mathematical game could run well and was able to give motivation for children to gain knowledge in playing.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | gdlhub |
Organisasi | STIKOM Dinamika Bangsa Jambi |
Nama Kontak | Herti Yani, S.Kom |
Alamat | Jln. Jenderal Sudirman |
Kota | Jambi |
Daerah | Jambi |
Negara | Indonesia |
Telepon | 0741-35095 |
Fax | 0741-35093 |
E-mail Administrator | elibrarystikom@gmail.com |
E-mail CKO | elibrarystikom@gmail.com |
Print ...
Kontributor...
- Dodo Zaenal Abidin, M.Kom dan Lola Yorita Astri, ST, M.S.I, Editor: sukadi
Download...
Download hanya untuk member.
BAB I
File : BAB I.pdf
(176124 bytes)
BAB II
File : BAB II.pdf
(465153 bytes)
BAB III
File : BAB III.pdf
(161527 bytes)
Bab IV
File : Bab IV.pdf
(872540 bytes)
BAB V
File : BAB V.pdf
(449519 bytes)
BAB VI
File : BAB VI.pdf
(87356 bytes)
DAFTAR PUSTAKA
File : DAFTAR PUSTAKA .pdf
(94216 bytes)