Path: Top -> Kerja Praktek -> TEKNIK INFORMATIKA -> 2017

PERANCANGAN GAME EDUKASI PELAJARAN BANGUN DATAR “LET’S MATH!” (STUDI KASUS : SD XAVERIUS 2)

THE DESIGN OF EDUCATIONAL GAME 2D SHAPES LESSON “LET’S MATH!” (CASE STUDY : XAVERIUS 2 ELEMENTARY SCHOOL)

Undergraduate Theses from gdlhub / 2017-10-13 09:59:18
Oleh : Efraim Vincent Suciadi, Helen Susanto, Wandi Gunawan, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2017-10-13, dengan 7 file

Keyword : Game, Edukasi, Bangun Datar
Sumber pengambilan dokumen : CD

Peran teknologi sudah sangat sering ditemui dalam meringankan beban manusia melakukan kegiatan sehari-hari dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Pada umumnya, komputer digunakan anak-anak sebagai sarana hiburan, namun tidak sedikit juga yang menggunakan komputer sebagai media pembelajaran menarik untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar anak. SD Xaverius 2 sudah mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan belajar mengajar, namun sebagian besar materi pelajaran masih disampaikan secara konvensional dengan menggunakan alat bantu berupa papan tulis, spidol, dan lain-lain. Kekurangan dari metode ini adalah membuat murid lebih mudah merasa bosan dan kurang tertarik, terutama untuk pelajaran matematika yang terlihat rumit dan sulit. Oleh karena itu, penulis mengusulkan sebuah aplikasi pembelajaran, terutama untuk mater bangun datar dengan bantuan komputer, yang dikembangkan menggunakan Construct 2. Dengan adanya game edukasi ini, diharapkan dapat mendukung proses belajar mengajar dan meningkatkan ketertarikan murid terhadap pelajaran matematika khususnya materi bangun datar.

Deskripsi Alternatif :

The role of technology is very often found in reducing burden of human daily activities and is widely used by various groups, either young or old. In general, computers are used by children as an entertainment, but not a few of them using it as an interesting learning media which can improve their ability to learn. Xaverius 2 Elementary School has already used computers for teaching and learning activities, but most of teaching lessons still taught in conventional way, by using tools such as whiteboards, markers, etc. The disadvantage of this method is easily making students feel bored and less interested, especially for mathematic which looks more complicated and difficult. Therefore, the authors propose an educational game, especially for 2D shapes calculations with the help of computer, that will be developed by using Construct 2. This educational game is expected to support the learning process and increase students interest in studying 2D shapes calculation.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Abdul Rahim, S.Kom, M.Kom, Editor: sukadi

Download...