Path: Top -> S1-Final Project -> Sistem Informasi -> 2019

ANALISIS KUALITAS WEBSITE PESONA INDONESIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI INDONESIA DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

ANALYSIS OF THE QUALITY OF INDONESIAN PESONA WEBSITE AS A TOURISM PROMOTION MEDIA IN INDONESIA WITH WEBQUAL 4.0 METHOD

Undergraduate Theses from gdlhub / 2019-06-15 14:41:34
Oleh : Deasya Faiza Balqis, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2019-06-15, dengan 7 file

Keyword : Webqual, Kepuasan Pengguna, Regresi Berganda, Usability, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan

Perjalanan wisata menjadi cukup populer akhir-akhir ini. Keberadaan website pariwisata merupakan salah satu sarana untuk mendukung kegiatan pariwisata dan mempromosikan pariwisata pada suatu tempat atau negara, namun pada kenyataannya website resmi pariwisata Indonesia masih kurang populer jika dibandingkan dengan website resmi beberapa negara lain di Asia Tenggara. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan website pariwisata Indonesia. Metode pengumpulan data melalui kuesioner secara online kepada orang-orang yang tahu website Pesona Indonesia dan pernah mencari informasi pada website tersebut. Dari kuesioner yang disebar diperoleh 120 responden, pengolahan data menggunakan SPSS versi 25 dan Teknik Analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa vaiabel usability, kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dan variabel usability merupakan variabel yang mendapatkan tanggapan paling tinggi sebesar 4,409 maka dari itu disarankan bagi pihak perusahaan untuk lebih meningkatkan usability pada website seperti meningkatkan UI (User Interface) untuk tampilan website dan UX (User Experience) sehingga pengguna dapat dengan mudah mempelajari website dan dapat memberikan kesan positif bagi pengguna website ketika mencari informasi tentang pariwisata yang ada di Indonesia.

Deskripsi Alternatif :

Travel has become quite popular lately. The existence of tourism websites is one means to support tourism activities and promote tourism in a place or country, but in reality the official website of Indonesian tourism is still less popular compared to the official websites of several other countries in Southeast Asia. So from that the purpose of this study is to find out what factors influence the level of user satisfaction in using Indonesian tourism websites. Methods of collecting data through online questionnaires to people who know the Indonesian Charm website and have searched for information on the website. From the questionnaire distributed, 120 respondents were obtained, data processing using SPSS version 25 and Multiple Regression Analysis Techniques. Based on the results of data analysis, it was found that the usability variable, information quality and interaction service quality had a significant effect on user satisfaction and Usability Variables were the variables that received the highest response of 4,409, therefore it was suggested for the company to improve usability on websites such as improving UI ( User Interface) for website display and UX (User Experience) so that users can easily study the website and can give a positive impression to website users when looking for information about tourism in Indonesia

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Setiawan Assegaf, ST, M.M.Si, Ph.D dan M. Riza Pahlevi B, S.Kom, M.Kom, Editor: sukadi

Download...