Path: Top -> S1-Final Project -> Teknik Informatika -> 2019

Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Candi Nusantara Berbasis Android (STUDI KASUS : SD Negeri 139/IV Kota Jambi)

Designing Augmented Reality Applications Introduction to Candi Nusantara Based on Android.

Undergraduate Theses from gdlhub / 2019-05-08 16:04:51
Oleh : Andil Patrian, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Dibuat : 2019-05-08, dengan 7 file

Keyword : Aplikasi, Candi Nusantara, Prototype Model, Augmented Reality.

Candi merupakan sebuah bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi, candi merupakan sebuah bukti nyata teknologi masyarakat zaman dahulu yang sangat luar biasa karena dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada mampu menghasilkan sebuah bangunan megah, tinggi, dan kokoh pada masa itu, pada pelajaran IPS kelas 5 Sekolah Dasar Sekolah Dasar Negeri 139/IV Kota Jambi, siswa/i mempelajari tentang bangunan candi, terkadang guru memberi pelajaran dengan bahasa seusianya sehingga anak-anak kadang tidak mengerti karena bahasa guru kadang terbawa ke bahasa-bahasa sebayanya, untuk mengatasi hal tersebut guru menggunakan kliping bergambar candi-candi yang ditempelkan ke papan tulis agar ketertarikan siswa/i lebih tinggi dan lebih fokus dalam belajar, dari permasalahan tersebut penulis memutuskan untuk melakukan penelitian dengan merancang dan menghasilkan aplikasi Augmented reality yang memudahkan siswa/i mengetahui bentuk candi yang dipelajari di kelas 5 dengan objek 3D, dilanjutkan membuat kerangka kerja dengan merumuskan masalah, menentukan tujuan, mengumpulkan data, menganalisis data, setelah itu dilakukanlah pengembangan sistem, metode pengembangan sistem yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan Prototype. Penelitian ini diharapkan dapat mempermudah siswa/i kelas 5 dalam mempelajari dan mengenali bentuk dari candi nusantara dengan memanfaatkan teknologi AR.

Deskripsi Alternatif :

A temple is a building that has a high historical value, the temple is a real proof of the ancient society technology that is very wonderful because of the limitations of existing infrastructure and facilities capable of producing a magnificent building, tall, sturdy and at that time, on the lessons of IPS elementary school 5th grade elementary schools of the country 139/IV the city of Jambi, students learn about the temple building, sometimes teachers gave lessons to her age so that children sometimes don't understand because language teachers sometimes get carried away into sebayanya languages, to address the teachers use picture clippings temples are tacked to the Board in order to interest students in higher and more focused on learning, from problems the writers decided to conduct research by designing and producing Augmented reality application that makes it easy for students to know the shape of the temple which learned in 5th grade with the 3D object, then create the framework with formulate the problem, determine objectives, collecting data, analyzing the data, after which the system development was undertaken, the author of system development method used in this research is to use the model of the development of the Prototype. This research is expected to make it easier to grade 5 students in learning and recognize the shape of the temples of the archipelago by utilizing the technology of AR.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publishergdlhub
OrganisasiSTIKOM Dinamika Bangsa Jambi
Nama KontakHerti Yani, S.Kom
AlamatJln. Jenderal Sudirman
KotaJambi
DaerahJambi
NegaraIndonesia
Telepon0741-35095
Fax0741-35093
E-mail Administratorelibrarystikom@gmail.com
E-mail CKOelibrarystikom@gmail.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing Nurhadi, S.Kom, M.Cs dan Mulyadi, S.Kom, M.S.I, Editor: Calvin

Download...